On Selasa, 07 September 2010 1 comments

MUDIK dengan sepeda motor sepertinya masih akan menjadi primadona di lebaran tahun ini. Selain hemat ongkos, mudik dengan sepeda motor juga dirasa lebih praktis. Namun perlu diperhatikan juga bahwa mudik dengan sepeda motor juga cukup beresiko dan rawan dari rasa aman dan nyaman.
Agar perjalanan mudik Anda dengan sepeda motor berjalan lancar, aman dan nyaman, berikut ini beberapa tips
1. Pastikan Anda dan keluarga berada dalam kondisi fit, khususnya bagi pengendara motor. Makanlah secukupnya agar perut terisi dan lakukan pemanasan agar otot-otot tubuh tidak tegang.

2. Periksa kondisi kendaraan Anda sehat sebelum dipakai "bertempur" di jalanan. Jika perlu perikasakan kondisi motor Anda ke bengkel langganan, agar penanganannya bisa dilakukan dengan cepat.

3. Jangan lupa membawa surat-surat penting seperti SIM, STNK, dan bawa juga perlengkapan atau alat-alat (tools kit) di motor.


4. Gunakan helm full face karena lebih aman. Pastikan juga jika Anda membawa anak, mereka juga memakai helm agar aman. Ingat, jangan menempatkan anak di depan karena itu berarti menjadikan anak sebagai tameng Anda.

5. Gunakan jaket, sepatu, jika perlu body protector yang di pasang di dada untuk leindungi dada dari hempasan angin malam yang jahat. Pakai juga sarung tangan, kacamata untuk melindungi mata dari debu dan kotoran, serta siapkan pula jas hujan.

6. Buat pembonceng wanita, sebaiknya Anda tidak duduk menyamping hanya agar kelihatan feminim. Duduk menghadap ke depan jauh lebih aman.

7. Bawalah bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan saat istirahat di jalan. Siapkan juga air mineral atau permen karet yang efektif mengusir kantuk selama dalam perjalanan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Murah meriah tapi penuh pengorbanan

Posting Komentar