On Senin, 24 Januari 2011 0 comments

Dishub Remajakan 445 MPU
Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya terus berupaya memperbaiki layanan armada angkutan umum. Salah satunya dengan mengalihkan pemakaian bahan bakar bensin ke bahan bakar gas (BBG). Langkah dishub memasang konverter ( Mesin Penganti BBM) di mobil penumpang umum (MPU) merupakan salah satu peremajaan. Di sisi lain, penggunaan BBG dikenal ramah Lingkungan.
"Sudah hampir seminggu ini sedikitnya 445 MPU telah ganti BBG", ungkap Kepala Bidang Angkutan Dishub Surabaya Ari Winarno. Dia menjelaskan, peremajaan tersebut sesuai dengan tuntutan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2006 Tentang Pembatasan Usia Angkutan Umum.

Program pengalihan penggunaan BBM ke BBG bagi MPU dilakukan secara bertahap. Awal tahun ini pihaknya mendapat jatah 445 konveter dari pemerintah pusat.semual, pihaknya mengajukan 1000 konveter. Jatah itu diprioritaskan untuk MPU yang berkondisi kurang layak.

Diantara 58 trayek, dishub memprioritaskan 29 trayek yang dianggap memiliki permintaan tinggi. Dengan program itu, terang Ari, pemakaian BBM bisa lebih hemat. Ketika harga bensin pre liter mencapai Rp 4500, BBG berkisar Rp 3250 perliter

Para Sopir MPU tidak perlu risau mengisi bahan bakar gas. Saat ini, sudah ada tiga SPBU gas. yakni di Balongsari, Brebek dan Jogoloyo. Pihaknya tengah bekerjasama dengan pemasok agar bisa menyediakan stasiun BBG bergerak di beberapa terminal. Salah satunya di terminal joyoboyo. "Stasiun pengisian nanti itu secara dinamis. Bisa melayani secara mobile di terminal ke terminal," terangnya

Sementara itu, ketua Karteker Organda Surabaya Ateng Aryono sedang mendata jumlah angkutan umum yang perlu di remajakan. " Penataan terhadap angkutan umum selama ini masih konvensional", ujarnya kemarin. Ketika disinggung tentang jumlah angkutan umum yang sudah tidak layak,pejabat yang mengantikan Wastomi Suheri itu belum bisa memastikan. Pihaknya akan melakukan studi kasus dengan mengandeng ahli transportasi.Selain itu, dia masih berkonsolidasi dengan pengusaha angkutan umum untuk peremajaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar