On Senin, 22 November 2010 0 comments

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya bersiap membangun pusat Automatic Traffic Control System (ATCS) dan Pusat Kendali Parkir Elektrik yang akan di tempatkan di Terminal Bratang Surabaya.

Kemacetan sudah menjadi permasalahan yang komplek di kota – kota besar, untuk itu diperlukan suatu alternatif/ sistem yang dapat mengatur lalu lintas sehingga kemacetan dapat diatasi. Automatic Traffic Control System (ATCS) merupakan sebuah solusi yang layak untuk di gunakan di kota – kota besar. ACTS terdiri atas beberapa perangkat yang bekerja secara terorganisir dan terpadu yang terdiri dari traffic light, kamera CCTV dan Mikrocontroller.

Traffic Light berfungsi sebagai alat pengaturan lalu lintas yang dipasang di persimpangan jalan agar pengguna jalan dapat berlalu lintas dengan tertib. Ketika lalu lintas mulai terjadi, kamera CCTV bertugas untuk melakukan pengamatan kepadatan lalu lintas yang terjadi terutama di persimpangan jalan. Hasil Pengamatan ini kemudian disimpan di PC komputer agar dapat diketahui prosentase kepadatan tiap jalur. Data kepadatan tersebut secara otomatis terkirim ke pusat kontrol sehingga petugas dapat melakukan tindakan untuk melakukan pengaturan waktu/timer pada traffiic light langsung dari pusat kontrol. Melalui dengan penggunaan ATCS ini nantinya diharapkan dapat menjadi solusi utama untuk mengatasi kepadatan lalu lintas.

Selain itu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya juga akan mengadaan penataan untuk Sistem kendalil Parkir Elektrik."Tahun depan, untuk pemantauan, pusat data base, dan kontrol untuk parkir elektrik akan dipusatkan di Terminal Bratang" menurut Ir. Irvan WahyudrajadM.MT, Kepala Bidang Sarana Prasarana Dishub Kota Surabaya.

Dibeberapa tempat saat ini sudah dipasang parkir elektrik, seperti di Terminal Purabaya, Terminal Bratang dan TOW. Untuk pusat control memang ditempatkan di masing-masing wilayah. Guna mempermudah pemantauan dan pengelolaan data, rencananya nanti Lantai 2 terminal Bratang juga akan dijadikan sebagai pusat kendali Parkir Elekrik selain Pusat Control ATCS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar